Sunday, 10 February 2013

Perawatan Sepeda Motor Injeksi


Penyebab Mesin Injeksi tidak bisa Langsam

injektor

Sistem bahan bakar injeksi banyak disesaki peranti cangih. Tapi, masalahnya kadang sepele. Misalnya tidak mau langsam. Padahal distarter mesin mau hidup, tapi ketika grip gas dilepas, engine langsung mati.

Itu karena stasioner enggak mau stabil. Akibatnya, lengan dan telapak tangan jadi pegal karena musti menjaga irama rpm agar mesin tak mati mendadak. Belum lagi jika jalur yang dilewati saran kemacetan. Apasih yang harus diperbaiki? Masalah sepele tapi di mesin injeksi serasa pusing. Yuk telusuri!

Layaknya karburator, gejala tidak langsam di injeksi bisa disebabkan beberapa faktor. Tapi, tentunya di sistem injeksi lebih mudah dideteksi dong. Kan, ada tanda peringatan yang sumbernya dari sensor-sensor yang diaplikasi.

Mekanik pun enggak perlu tebak-tebakan buat cari tahu penyebab masalahnya. Cukup pakai alat diagnostic tool. Begitu soket pembaca kerusakan ini dicolok ke pacuan, part langsung scaning tiap sensor.

Misalnya di Yamaha V-Ixion. Jika ada gelaja tidak langsam, kondisi ini bisa disebabkan adanya gangguan di sensor Intake Air Pressure (IAP). Sensor ini berfungsi membaca udara bersih yang masuk ke throttle body.

"Jika ada gangguan di sensor ini, alat akan memunculkan kode kerusakan 14,” ungkap Disep Priyadi Jainudin, Service Advisor di Yamaha DDS, Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Gangguan yang dimaksud, adalah terjadinya penyumbatan di sensor.

Meski lubang sensor tersumbat, tapi mesin memang masih mau hidup dan bisa dipakai jalan. Tapi, tentunya campuran udara dan bahan bakar yang dihasilkan menjadi tidak sempurna. Tersumbatnya lubang, bisa disebabkan kotoran seperti debu atau partikel halus lainnya.

Membersihkannya mudah. Cukup bongkar throttle body dan bersihkan pakai cairan perontok kotoran. Baiknya, cairan yang dipakai khusus dan mengandung petroleum based solvent. Bukan cairan pembersih karburator biasa, lho.

Tapi baiknya, tidak dilakukan sendiri. Karena di throttle body terdapat beberapa sensor. “Jika sensor terganggu, bisa menyebabkan error di bagian lain. Misalnya di ECU,” tambah Disep yang jadi Juara Nasional Mekanik Yamaha 2010 itu.

Faktor Lain
Menurut Disep, kejadian motor injeksi tidak langsam ada beberapa faktor. Faktor pertama bisa dari busi. “Busi yang dibersihkan pakai bensin bisa bikin motor jadi tidak langsam. Karena busi cepat aus,” aku mekanik ramah ini.

Kemudian, bisa juga disebabkan setelan kerapatan klep yang tak sesuai rekomendasi pabrikan. “Standar penyetelan klep di V-ixion, biasanya klep in 0,10-0,14 dan klep ex 0,16-0,20,” tambahnya.

trik

Ada lagi, yaitu gangguan angin yang masuk filter udara. Disarankan, jangan pernah menaruh jas hujan dekat boks filter. Terutama di pacuan model sport. Seperti halnya V-ixion yang lubang isap filternya berada di bawah jok pengendara.

Karena dikhawatirkan, jas akan menutup jalur udara yang dibutuhkan engine melalui boks. “Kalau tertutup, akibatnya motor jadi kekurangan asupan udara, sehingga bisa menyebabkan tidak bisa langsam. Karena perintah yang masuk ke sensor menjadi ngaco. Sama seperti filter udara yang kotor,” tutup Disep.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment