Sunday 10 February 2013

Motor Bajaj-Kawasaki 2013





Motor hasil kolaborasi dua pabrikan motor Asia Kawasaki dan Bajaj dikabarkan akan beredar di pasaran pada 2013 nanti.

Dilansir Business Standard, Kamis (18/10/2012) pabrikan Bajaj memilih cara ini untuk meningkatkan penetrasi pasar di ASEAN.

Bajaj sudah beroperasi di Indonesia melalui anak usaha PT Bajaj Auto Indonesia. Perusahaan yang mulai berdiri 2007 lalu ini sudah merakit dan memasarkan motor Pulsar di Indonesia.

Menggandeng Kawasaki adalah cara Bajaj untuk mengulang kesuksesan di wilayah lain di ASEAN. Di Filipina, Bajaj juga menggandeng Kawasaki dan mereka sukses merengkuh 45 persen pangsa pasar.

Kabarnya dewan direksi kedua perusahaan sudah setuju untuk bergabung di Indonesia dan juga Brazil di masa depan. Apalagi kerja sama teknologi Bajaj dan Kawasaki sudah mulai 30 tahun lalu.

"Motor yang akan dijual dengan merek Kawasaki Bajaj mulai pertengahan 2013," ujar juru bicara Bajaj Auto.

Berbeda dengan KTM dimana, Bajaj memiliki saham sekitar 47 persen, kerja sama dengan Kawasaki tidak akan berkaitan dengan saham.

"Kerja sama dengan KTM membantu Bajaj untuk memperkuat posisi di India, sementara dengan Kawasaki itu untuk meningkatkan penetrasi di pasar ekspor," begitu analis dari Brics Securities Umesh Karne.

No comments:

Post a Comment